Salah satu tolak ukur pembelajaran efektif adalah penilian yang lengkap dan akurat dari guru mengenai kinerja siswa selama mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas. Penilaian kinerja siswa memperlihatkan bagaimana pola pikir, sikap dan perilakunya dalam menyerap materi pelajaran yang diberikan guru ketika berada di kelas
. Kegiatan penilaian merupakan salah satu ciri yang melekat pada guru profesional.
. Kegiatan penilaian merupakan salah satu ciri yang melekat pada guru profesional.
Seorang pendidik profesional selalu menginginkan umpan balik atas proses dan efektivitas cara ataupun metode yang digunakan dalam proses pembelajaran. Proses penilaian bagi guru dapat dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan proses pembelajaran. Hasil belajar siswa harus mencerminkan pencapaian tujuan pembelajaran meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor.
Oleh karena itu langkah pertama yang harus dilakukan dalam proses penilaian adalah merumuskan tujuan pembelajaran yang mengakomodir aspek-aspek penting dalam pembelajaran. Berangkat dari tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan, maka disusunlah instrumen untuk mengamati dan mengukur hasil pembelajaran.
Beberapa jenis dan teknik penilaian yang digunakan di sekolah/madrasah antara lain sebagai berikut.Penilaian Tertulis, adalah suatu teknik penilaian yang menuntut jawaban secara tertulis, baik berupa pilihan atau isian. Tes yang jawabannya berupa pilihan meliputi pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan, dll. Adapun tes yang jawabannya berupa isian berbentuk isian singkat dan uraian.
Observasi, adalah teknik penilaian yang dilakukan dengan menggunakan indera penglihatan secara langsung. Observasi dapat dilakukan secara formal maupun informal.
Penilaian Unjuk Kerja (Praktik), adalah teknik penilaian yang menuntut siswa mendemonstrasikan kemahirannya, baik diujudkan dalam bentuk tertulis sehingga disebut tes keterampilan tertulis, ataupun dalam bentuk lain yaitu berupa kemahiran mengidentifikasi, bersimulasi, ataupun melakukan pekerjaan yang sesungguhnya
Penilaian Proyek, merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas tersebut berupa suatu investigasi sejak dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data.
Penilaian Produk, adalah penilaian terhadap proses pembuatan dan kualitas suatu produk. Penilaian produk meliputi penilaian kemampuan siswa membuat produk-produk teknologi dan seni, seperti: makanan, pakaian, hasil karya seni (patung, lukisan, gambar), barang-barang terbuat dari kayu, keramik, plastik, dan logam.
Penilaian Lisan, dilaksanakan melalui komunikasi langsung tatap muka antara siswa dengan seorang atau beberapa penguji. Pertanyaan dan jawaban diberikan secara lisan dan spontan. Tes jenis ini memerlukan daftar pertanyaan dan pedoman pensekoran.
Penilaian Portofolio, adalah penilaian yang dilakukan dengan cara menilai portofolio siswa. Portofolio adalah kumpulan karya-karya siswa dalam bidang tertentu yang diorganisasikan untuk mengetahui minat, perkembangan, prestasi, dan/atau kreativitas siswa.
Penilaian Sikap, merupakan skala psikologis yang dipakai untuk mengungkapkan sikap, minat, dan persepsi siswa terhadap sesuatu objek psikologis. Inventori dapat dilakukan melalui wawancara dan pemberian angket.
Penilaian Diri, merupakan teknik penilaian dengan cara meminta siswa untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam berbagai hal
0 komentar:
Posting Komentar